Anda mencari data? konsultasi statistik? Tidak perlu repot langsung Chat saja TALITA (TAnya onLIne tentang daTA). Klik TALITATALITAsekarang.

Pencacahan Susenas Maret 2024 Dimulai

Pencacahan Susenas Maret 2024 Dimulai

20 Februari 2024 | Kegiatan Statistik


Pada tanggal 19 Februari 2024 pencacahan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2024 telah dimulai. Pencacahan di Provinsi Lampung dilakukan di 15 kabupaten/kota dengan sampel rumah tangga sebanyak 10.470 rumah tangga. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Maret, pencacahan rumah tangga sampel Susenas pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 19 februari-9 Maret 2024. Hal ini dilakukan karena adanya bulan Ramadhan pada pertengahan bulan Maret nanti.

Pencacahan Susenas menggunakan 2 jenis kuesioner yaitu VSEN24.K dan VSEN24.KP. Beberapa indikator yang dihasilkan dari kuesioner VSEN24.K diantara yaitu keterangan demografi, pendidikan, kepemilikan tabungan, ketenagakerjaan, penggunaan alat komunikasi, keluhan kesehatan, keluarga berencana, perumahan, serta perlindungan sosial. Dan untuk kuesioner VSEN24.KP informasi yang didapat yaitu keterangan pengeluaran dan konsumsi rumah tangga serta pendapatan, penerimaan, dan pengeluaran bukan konsumsi.

Beberapa pemanfaatan data Susenas yaitu sebagai dasar perencanaan dan evaluasi program pembangunan nasional; perencanaan dan evaluasi program sektoral (Kementerian/Lembaga); penyediaan indikator Tujuan pembangunan Berkelanjutan (TPB), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Nawacita. 3 dari 11 Sasaran Makro Pembangunan 2020-2024 dihitung menggunakan data Susenas yaitu kemiskinan, Gini Ratio, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Mengingat pentingnya data yang dihasilkan dari Susenas, pengawalan pencacahan Susenas perlu dilakukan dari awal. Dengan demikian diharapkan pencacahan dapat berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan data berkualitas yang sesuai dengan kondisi lapangan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung (BPS-Statistics of Lampung Province)Jl. Basuki Rahmat No 54 Bandar Lampung

Telp (62-721) 482909

Faks (62-721) 484329

Mailbox : bps1800@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik