Anda mencari data? konsultasi statistik? Tidak perlu repot langsung Chat saja TALITA (TAnya onLIne tentang daTA). Klik TALITATALITAsekarang.

Ratusan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional di Provinsi Lampung Siap Turun Lapangan

Ratusan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional di Provinsi Lampung Siap Turun Lapangan

24 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung terus mempersiapkan diri untuk melaksanakan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2024. Salah satu langkah penting adalah dengan menggelar pelatihan bagi para petugas lapangan yang akan bertugas mengumpulkan data.

Pelatihan ini dilaksanakan tanggal 17-24 Juli 2024 pada beberapa TC di kabupaten/kota  termasuk di Bandar Lampung dan diikuti oleh 557 orang petugas. Mereka nantinya akan disebar ke 15 Kabupaten/Kota di Lampung untuk mendata 9.280 rumah tangga yang menjadi sampel.

Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis, yang diwakili oleh Ketua Tim Statistik Sosial, Febiyana Qomariyah, menekankan pentingnya pelatihan ini untuk menghasilkan data ketenagakerjaan yang berkualitas. "Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas data ketenagakerjaan melalui Sakernas," ujarnya. "Data ketenagakerjaan yang berkualitas akan menjadi dasar bagi penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan di Provinsi Lampung."

Febi menjelaskan bahwa Sakernas adalah survei yang dilakukan secara berkala oleh BPS, terutama pada bulan Agustus, untuk mengukur kondisi ketenagakerjaan hingga level kabupaten/kota. Data yang dihasilkan dari Sakernas ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengangguran, keadaan angkatan kerja, dan kondisi ketenagakerjaan lainnya.

Para peserta pelatihan dibekali dengan materi tentang konsep dan definisi Sakernas, metodologi pengambilan data, penggunaan moda CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) untuk pengumpulan data Sakernas, serta teknik wawancara dan komunikasi yang baik.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para petugas lapangan memiliki kompetensi yang mumpuni untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Hal ini penting untuk menghasilkan data ketenagakerjaan yang akurat dan dapat dipercaya.

"BPS Provinsi Lampung berkomitmen untuk menghasilkan data ketenagakerjaan yang berkualitas dan dapat dipercaya," terang Febi. "Dengan pelatihan ini, kami harapkan para petugas lapangan dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya."

Febi juga memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan agar dalam pelaksanaan di lapangan nanti dapat berjalan lancar dan menghasilkan data yang akurat.

Pelatihan Petugas Sakernas ini merupakan bagian dari upaya BPS untuk meningkatkan kualitas data dan mendukung perencanaan pembangunan di Provinsi Lampung. BPS berharap data ketenagakerjaan yang dihasilkan dari Sakernas dapat memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi para pemangku kepentingan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung (BPS-Statistics of Lampung Province)Jl. Basuki Rahmat No 54 Bandar Lampung

Telp (62-721) 482909

Faks (62-721) 484329

Mailbox : bps1800@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik